1 / 4
2 / 4
3 / 4
4 / 4

Entri yang Diunggulkan

Jualan Pulsa di Rumah Mudah dan Menguntungkan

Di zaman modern ini hampir semua orang memiliki handphone, setidaknya bisa kita katakan setiap rumah pasti terdapat alat komunikasi ini. Aga...

Hal Yang Tidak Boleh dilakukan Oleh Penjual Pulsa Atau Konter

Berjualan pulsa merupakan salah satu peluang usaha yang sangat menjanjikan, yang mudah dijalankan bagi siapapun entah itu karyawan kantor, ibu rumah tangga maupun mahasiswa . Bagaimana tidak, pulsa sudah menjadi kebutuhan penting saat ini.Terutama bagi muda mudi milenial saat. Semua orang pasti akan membutuhkan pulsa ataupun paket internet agar agar selalu terkoneksi. Dengan kita mampu melihat keadaan pasar saat ini, sebagian orang yang mulai menyadari ini dan menjadikan peluang untuk memulai bisnis berjualan pulsa paket data atau token listrik.



Jika kita bertanya apakah usaha ini akan memberikan keuntungan atau tidak ??? Tentu jawabannya adalah: tergantung bagaimana cara kita mengelola dan menjalankan usaha ini. Tak dapat dipungkiri bahkan ada beberapa pengusaha yang menutup konternya akibat sepi pelanggan. Namun ada juga konter yang tak pernah sepi. Saking ramainya, bahkan mereka bisa membuat cabang konternya di kota-kota lain. Ada juga penjual yang bahkan tetap mengalami kerugian meskipun konternya tidak pernah sepi dari pengunjung. yang mengakibatkan usahanya harus gulung tikar. Itu semua tergantung bagaimana cara kita mengelola keuangan tersebut.



Jika ditanya kenapa bisa terjadi konter tutup berhenti jualan pulsa dll. Hal demikian, ada baiknya kita melihat kembali apa saja yang telah dilakukan selama menjalankan usaha berjualan pulsa. Terkadang secara tidak sadar seorang penjual melakukan beberapa kesalahan yang ternyata berdampak terhadap usahanya tersebut. 

Apa Saja Itu Hal Yang Tidak Boleh dilakukan Oleh Penjual Pulsa?


1. Menjual dengan harga yang terlalu mahal dari harga pasaran



Menjual pulsa dengan harga di atas rata-rata pasar demi mendapatkan keuntungan lebih banyak? Hindari pemikiran seperti ini. Pelanggan cenderung tidak akan kembali jika mengetahui konter yang dikunjunginya menjual dengan harga mahal. Jika penjual mempertahankannya, lama-lama konter akan menjadi lebih sepi dan ujung-ujungnya gulung tikar.



Namun menjual dengan harga lebih rendah juga tidak baik. Selain merusak harga pasar, keuntungan yang diperoleh tidak akan berbanding lurus dengan usaha yang sudah dikeluarkan. Jika tidak berbanding lurus bukan untung yang didapat, malah capek saja yang dipanen. Jadi sebaiknya juallah dengan harga yang sama dengan harga pasaran.



2. Kurang ramah dengan pelanggan



Ramah menjadi salah satu faktor penting untuk menentukan apakah pelanggan akan betah atau tidak. Tak jarang banyak pelanggan yang mengeluhkan penjual yang tidak ramah dan memutuskan untuk tidak singgah lagi ke konter tersebut. Kenyamanan juga perlu menjadi perhatian serius bagi penjual sehingga pelanggan bisa betah dan berlangganan di konter. Jadi pastikan attitude dengan pelanggan dijaga ya.



3. Lokasi konter tidak strategis



Pulsa memang dibutuhkan masyarakat, namun bukan berarti penjual boleh sembarangan membuka konter. Abai saat memilih posisi konter dapat berdampak ke keberlangsungan bisnis. Sebisa mungkin bukalah di area yang padat penduduk atau sering dilalui orang. Tapi tetap perhatikan pesaing lainnya.



4. Bebas memberikan kesempatan pelanggan untuk berhutang



Memberikan kemudahan terhadap pelanggan memang bagus, salah satunya dengan memberikan kesempatan pelanggan untuk berhutang. Ada masanya ketika pelanggan terdesak namun kelupaan atau tidak membawa uang. Biasanya di posisi ini rasa kemanusiaan sangat diuji. Namun perlu diingat, lihat siapa yang akan diberikan hutang dan bagaimana track recordnya. Ada baiknya untuk memberikan hutang kepada pelanggan yang sudah dikenal baik, bukan pelanggan baru. Dan pastikan bahwa dia tidak memiliki riwayat buruk soal hutang.



Setelah memastikan pelanggan tersebut aman untuk berhutang, berikan tenggat waktu bagi penghutang agar penjual tidak perlu meraba kapan hutang akan dibayar. Dan pastikan untuk tidak terlalu sering memberikan hutang. Sebab jika melakukan hal demikian maka semakin banyak modal yang akan terpendam. Jika dibiarkan, perputaran modal akan tersendat dan membayahakan keberlangsungan bisnis.



5. Jam buka konter tidak konsisten



Menjalankan bisnis angin-anginan dan membuka konter sesuka hati? Jauhi kebiasaan ini. Selain keuntungan yang didapatkan jadi tidak konsisten, pelanggan juga akan kesal dan akan lari ke konter pesaing. Sebaiknya pastikan jam operasional konter sehingga pelanggan bisa membeli di waktu tersebut.



6. Tidak membuat laporan keuangan



Walaupun hanya bisnis berjualan pulsa, penjual juga dituntut untuk tetap membuat laporan keuangan. Laporan keuangan ini berguna untuk melihat bagaimana perputaran modal, berapa keuntungan yang didapatkan, dan berapa uang yang dikeluarkan untuk operasional konter. Dari laporan ini, kamu bisa melihat apakah bisnismu berjalan secara sehat atau tidak.



7. Tidak memisahkan antara uang bisnis dan pribadi



Hindari menggabungkan uang bisnis dan uang pribadi meskipun dengan alasan apapun. Jika ingin membuat bisnis berjalan dengan lancar, pastikan untuk memisahkan kedua uang tersebut. Sehingga resiko uang modal bisnis yang terpakai bisa terminimalisir.



8. Tidak melakukan evaluasi secara berkala



Setelah menjalankan bisnis selama beberapa waktu, ada baiknya untuk melakukan evaluasi secara berkala. Evaluasi begitu penting, selain untuk mengetahui apa saja bagian yang sudah bagus, juga mengetahui bagian mana yang perlu diberi perhatian serius sehingga bisa ditangani secepatnya. Bisa dikatakan, evaluasi merupakan upaya untuk berbenah demi kemajuan bisnis yang dijalani. Jadi pastikan untuk melakukan evaluasi bisnis berjualan pulsa secara berkala ya

0 Komentar untuk "Hal Yang Tidak Boleh dilakukan Oleh Penjual Pulsa Atau Konter"

Back To Top